Hubungi kami

(021) 8197611

Sejarah GKI Cawang

Mulai tanggal 30 Januari 1964, di daerah Cawang telah dibuka Pos Pekabaran Injil dari GKI Jabar Jl. Bekasi Timur, bertempat di rumah keluarga S. Basuki Jl. Cawang Baru tengah No.36; saat itu sdr. S. Basuki adalah Majelis GKI Jabar jl. Bekasi Timur IX/6.

Dalam rangka peningkatan dan pengembangan dari Pos PI menjadi jemaat, dan pengunjung kebaktian yang terus meningkat, tahun 1964 +20 orang, tahun 1965 + 35 orang, dan tahun 1966 + 50 orang. Maka tanggal 26 April 1966 Panitia mengajukan permohonan kepada Gubernur, untuk meminta tanah kosong yang tidak terurus yang berdekatan dengan Pos PI, namun tidak dikabulkan.

Tuhan di dalam kasih dan kemurahanNya, rencanaNya sungguh-sungguh mengherankan. Seorang dermawan Kristen yang tidak mau disebut namanya telah menemui Pdt. Jusuf Harun, untuk mempersembahkan kepada Tuhan sebidang tanah guna mendirikan gedung gereja di daerah Cawang Kapling. Maka Pdt. Jusuf Harun segera menemui Sdr. S. Basuki. Panitia giat mengumpulkan dana untuk pembangunan. Namun panitia cukup menjumpai kesulitan. Sekali lagi jalan Tuhan yang sangat mengehrankan, Tuhan memakai (ayah) dari dermawan tersebut, dengan senang hati mempersembahkan kepada Tuhan dengan membangun sampai selesai gedung gerejanya.

GKI Cawang dahulu

Tanggal 28 September 1966 telah dilakukan peletakan batu pertama oleh bapak Lurah Cawang, bapak Ali Muchtar.

Tanggal 19 November 1967 oleh BP Klasis Jakarta dalam diri Pdt. I.T. Salim, Pos PI Cawang telah didewasakan menjadi Jemaat GKI Jabar Cawang, dengan alamat jl. Cawang Baru Tengah No.30, dan 12 anggota telah diteguhkan menjadi Majelis Jemaat I yakni:

1. Sdr. Setiadarmawan Basuki
2. Sdr. Kusnadi Gunawan
3. Sdr. Johanes Muljono
4. Sdr. Agustinus Kristopuro
5. Sdr. Daniel Sugiaman
6. Sdr. Daud Sudjono Saputro
7. Sdr. Sutiono Singgih
8. Sdr. Willy Muardi
9. Sdr. Robby Tanunegoro
10. Ny. Wahyuni Supriadi
11. Sdri. Liani Inggit
12. Sdr. Rudy Demetrius Djajadi

GKI Cawang saat ini

Tanggal 6 Desember 1967 Gedung gereja GKI Jabar Cawang diresmikan oleh BP Sinode dalam diri Pdt. C. Suleeman yang adalah Ketua Umumnya.

Selaku gereja yang telah dewasa dan mandiri, guna melaksanakan tugas panggilannya maka diangkatlah Badan Pembantu/Komisi yakni:

1. Komisi Wanita
2. Komisi Pemuda
3. Komisi Anak2
4. Komisi Remaja
5. Komisi PI
6. Komisi Diakonia
7. Komisi P3
8. Komisi Bapak (baru kemudian)

Baca Juga : Visi & Misi GKI Cawang